Hal-hal yang Perlu dipertimbangkan sebelum Membeli Power Bank

Ada rencana membeli power bank? Mungkin tak sedikit yang mengalami kebimbangan dalam memilih sebuah produk power bank ketika akan membelinya. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memberikan beberapa pertimbangan yang mungkin bisa menjadi masukan bagi yang ingin membeli power bank. Karena saat ini produk power bank yang tersedia di pasaran begitu banyak, kita harus jeli supaya bisa membeli power bank yang tepat. Baik tepat guna maupun tepat harga.

Hal-hal yang Perlu dipertimbangkan sebelum Membeli Power Bank
Power Bank


Apa saja sih yang harus kita pertimbangkan sebelum membeli power bank? 

1. Belilah power bank yang fiturnya berguna untuk smartphone kita. 

Sebelumnya saya pernah mengulas dua buah power bank yang memiliki kapasitas sama, tetapi harganya berselisih jauh. Yaitu power bank Zola Torch dan ACMIC C10PRO. Salah satu faktor yang membuat keduanya memiliki harga yang berbeda jauh adalah adanya fitur quick charge pada salah satu power bank, yaitu ACMIC C10PRO. Nah, anggap saja dua power bank tersebut yang membuat kita dilema dalam memilih. Sekarang yang bisa kita jadikan pertimbangan adalah apakah smartphone kita memerlukan fitur tersebut atau tidak. Jika smartphone kita tidak mendukung quick charge, menurut pertimbangan saya, lebih baik membeli Zola Torch. Kita akan lebih berhemat. Jika smartphone mendukung quick charge, atau dalam waktu dekat kita ingin membeli smartphone yang mendukung quick charge, kita bisa membeli ACMIC C10PRO. Meski keluar dana lebih banyak, kamu memang bisa menikmati fitur tersebut. 

2. Power bank dengan kapasitas berapakah yang sebaiknya kita beli? 

Mengenai kapasitas sebuah power bank, pertimbangannya juga berkaitan dengan harga. Semakin besar kapasitas sebuah power bank, semakin tinggi harganya. Lalu, kapasitas berapakah sebaiknya power bank kita? Kalo kita adalah seorang yang sehari-hari bekerja di ruangan, power bank dengan kapasitas seukuran satu kali charging baterai smartphone sudah cukup. Tetapi, jika kita pekerja lapangan, yang jarang bisa mencolokkan charger ke smartphone, paling tidak kapasitas yang bisa men-charge dua kali baterai smartphone kita. Saya pernah menulis mengenai cara menghitung  berapa kalikah sebuah power bank mampu men-charge baterai smartphone kita. Jika ingin mengakses informasi tersebut, silahkan kunjungi tautan di bawah ini. 


3. Merk Power Bank? 

Untuk merk power bank, ini berkaitan dengan harga, service after sale, dan fanatik terhadap sebuah merk. :D

Fanatik terhadap sebuah merk

Kita mulai dari yang terakhir. Gengsi. Ataupun fanatik terhadap sebuah merk. Ya sudah, tidak perlu pertimbangan lagi. Tinggal menentukan berapa kapasitas dan spek-nya saja. 

Harga dan service after sale 

Mengenai harga dan service after sale. Keduanya biasanya berbanding lurus. Semakin mahal harganya, maka service after sale-nya semakin bagus. Sebelum membeli power bank, observasilah dahulu. Tak perlu cari merk yang wah se-wah harganya juga gakpapa. Yang penting merk tersebut memiliki reputasi baik. Reputasi baik meliputi keterbukaan mengenai spek-nya dan testimoni atau ulasan baik dari para penggunanya. Kalo saya mau dan mampu membeli yang merk wah bagaimana? Ya gakpapa, mungkin kecondongan terhadap merk tertentu atau memang ingin sebuah keterjaminan yang pasti. Tapi kalo budget untuk power bank terbatas, ya pertimbangan saya bisa digunakan. 

Contoh power bank yang terbuka dalam menginformasikan spek-nya misalnya adalah dua power bank yang telah saya ulas pada tulisan sebelumnya, yaitu Zola Torch dan ACMIC C10PRO. Meski dengan cara berbeda, keduanya menginformasikan real capacity-nya. Misal Zola Torch, power bank ini menuliskannya dengan “Kapasitas 10.000 mAH - 3,7 V”. Sedangkan ACMIC C10PRO menuliskan “Kapasitas 10.000 mAh – 37 Wh”.

Hal-hal yang Perlu dipertimbangkan sebelum Membeli Power Bank
Kapasitas Power Bank dan Voltase-nya
Testimoni atau ulasan bisa diketahui darimana? Sekarang ini, kita bisa dengan mudah mengakses informasi mengenai reputasi merk sebuah power bank. Kita bisa menonton review-nya di YouTube atau membacanya di web/blog yang berisi review produk. Kita juga bisa membaca ulasan-ulasan pembeli power bank di Market Place/Toko Online yang menjual produk incaran kita. Baca di kolom diskusi dan ulasan. Bagaimana ulasan pembeli. Ada yang komplain atau tidak. Bagaimana tanggapan penjual. Setelah kita memperoleh cukup informasi, kita bisa membeli power bank incaran kita. Bisa offline, di toko komputer di kotamu. Atau online via market place/Toko online. Jika kamu ingin membelinya secara online, tak ada salahnya membaca dulu tips belanja online di bawah ini.

Hal-hal yang Perlu dipertimbangkan sebelum Membeli Power Bank
Ilustrasi Ulasan/testimoni Produk di Toko Online
Baca juga:
Tips Belanja di Toko Online dan Klaim Garansi Barang

Oke, kali ini pembahasannya cukup singkat. Jika kamu memiliki pertimbangan-pertimbangan lain, saran, tanggapan, atau koreksi, silahkan tuliskan di kolom komentar. Akhir kata, terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.
Hal-hal yang Perlu dipertimbangkan sebelum Membeli Power Bank Hal-hal yang Perlu dipertimbangkan sebelum Membeli Power Bank Reviewed by Imajiner Amatir on Februari 16, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.